Hukum Saham dalam Islam Menurut Pandangan Ulama Islam dan MUI

Hukum Saham dalam Islam Menurut Pandangan Ulama Islam dan MUImoney.teknologmuda.com – Investasi saham tentunya menjadi fokus yang luas karena memiliki kemungkinan untuk menambah pundi-pundi kelimpahan dalam jumlah yang cukup besar meskipun risikonya tidak kecil.

Yang dimaksud dengan investasi saham adalah kepemilikan melalui pembelian atau pengambilalihan saham-saham usaha perorangan atau lembaga yang dipopulerkan pasar saham.

Keuntungan tergantung pada fluktuasi nilai saham organisasi yang dimiliki. Jenis saham adalah lembar surat berharga yang berarti awal penyertaan modal dalam organisasi.

Indonesia sendiri sampai saat ini memiliki peraturan yang mengatur tentang saham. tapi apa sebenarnya regulasi saham menurut perspektif Islam?

aturan Saham yang Halal

ada diskusi tentang pembentukan aturan saham dalam Islam. Mengutip dari Ensiklopedia Hukum Islam, dalam kepustakaan fiqh, saham diambil dari kata musahamah yang berasal dari istilah sahm yang artinya saling memberi atau berbagi.

Pelepasan dari buku harian Pasar Modal Islam oleh Rahmani Timorita Yulianti, dalam perjanjian ini tujuan pembeli saham adalah untuk mendapatkan pengembalian sesuai tingkat modal jika organisasi memperoleh keuntungan. Kemudian lagi, jika organisasi menderita kerugian, pemegang saham juga akan menanggung kerugian yang ditunjukkan oleh tingkat modalnya.

Oleh karena itu, para ahli hukum modern mengklasifikasikan musahamah ke dalam jenis syirkah (organisasi pekerja).

aturan Saham pada Islam menurut Pandangan Ulama serta MUI (1)

Saham merupakan salah satu jenis instrumen bisnis yang diperbolehkan dalam perspektif hukum Islam sepanjang memenuhi persyaratan. salah satunya adalah saham yang dipertukarkan bukan dari perusahaan yang bergerak di bidang usaha haram. Misalnya, pembuatan alkohol, industri kasino, prostitusi, dll.

Selain itu, ada kelompok yang mengizinkan penggunaan dengan syarat tidak ada riba dalam syirkah dan penggunaan aset syirkah tidak benar-benar untuk tujuan yang dilarang. pertemuan ini diwakili oleh ‘Ali Al-Khafif, ‘Abdul Aziz Al-Khiyath, dan Sholeh Marzuki.

aturan Jual Beli Saham ialah Haram absolut

Namun ada juga kelompok yang berpendapat bahwa memperdagangkan saham itu haram, padahal yang mengeluarkan saham berarti suatu organisasi yang bergerak di bidang halal. Salah satu tokoh yang mengungkapkan penilaian ini adalah Taqiyuddin an-Nabhani.

alasannya karena jenis perseroan terbatas atau PT tersebut tidak Islami. Hal yang dibicarakan adalah mengenai masalah ijab dan qabul, dimana PT tidak memiliki ijab dan qabul yang serupa dengan masalah syirkah.

Transaksi pada Pasar modal yg Diperbolehkan MUI

 

Majelis Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan Fatwa nomor 40/DSN-MUI/X/2003 tentang Pasar Modal dan Ketentuan Umum Penerapan Prinsip Syariah di Sektor Pasar Modal.

Dalam fatwa sebelumnya disebutkan bahwa transaksi pasar modal yang diperbolehkan syariah harus menjauhi hal-hal sebagai berikut:

  • Perdagangan atau transaksi menggunakan penawaran serta/atau permintaan palsu.
  • Perdagangan atau transaksi yg tidak disertai dengan penyerahan barang dan /atau jasa.
  • Perdagangan atas barang yg belum dimiliki.
  • Pembelian atau penjualan atas impak yang memakai atau memanfaaatkan info orang pada berasal emiten atau perusahaan publik.
  • Transaksi marjin atas impak syariah yang mengandung unsur bunga (riba).
  • Perdagangan atau transaksi menggunakan tujuan penimbunan (ihtikar).
  • Melakukan perdagangan atau transaksi yg mengandung unsur suap (risywah).
  • Transaksi lain yang mengandung unsur spekulasi (gharar), penipuan (tadlis) termasuk menyembunyikan kecacatan (ghisysy), dan upaya buat mensugesti pihak lain yg mengandung kebohongan (taghrir).

Check Also

Tips Mudah Jual Kripto Ke Rekening Bank Lokal

Tips Mudah Jual Kripto Ke Rekening Bank Lokal

Cara sederhana untuk menjual cryptocurrency ke rekening bank lokal. Apa yang kita butuhkan untuk langsung menjual cryptocurrency di rekening bank lokal? Simak artikel berikut untuk jawabannya. Frustrasi, ketika Anda membutuhkan dana baru, bingung bagaimana cara menjual cryptocurrency secara instan di rekening bank lokal? Apalagi jika penukaran menggunakan cara transfer yang rumit, membutuhkan biaya administrasi yang besar dan membutuhkan waktu yang lama untuk pembayarannya. Agar Anda tidak perlu khawatir lagi, simak tips cara menjual cryptocurrency instan ini agar proses pembayaran lebih cepat dan nyaman. Cara Jual Crypto Instan Ke Rupiah, [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *